Jadwal dokter
Jadwal Dokter
Online Recruitment
Artikel
Agenda Acara

CONTACT US FACEBOOK

FAKOEMULSIFIKASI Operasi Mata Katarak Terbaik

Katarak adalah kekeruhan pada lensa mata yang menyebabkan berkurangnya penglihatan dari penderita. Keruhnya lensa mata membuat cahaya menjadi sulit mencapai retina. Katarak terbentuk dari proses penuaan meskipun hal ini dapat terjadi pada bayi atau usia muda dengan kemungkinan yang sangat kecil.

Faktor yang dapat mempercepat terjadinya katarak adalah lingkungan, sinar ultraviolet, penyakit lain yang diderita seperti diabetes, peradangan mata, trauma dll. Gejala utama adalah penglihatan menajadi buram atau berkabut terutama pada siang hari, silau, semakin kabur bahkan tidak bisa melihat seiiring berlalunya waktu.

Teknik operasi mata katarak yang moderen dan canggih berkembang yaitu Fakoemulsifikasi, operasi pengangkatan katarak yang menggunakan gelombang ultrasonik. Dengan Teknik ini, dibuat luka insisi (sayatan) yang sangat kecil di kornea (1,8- 2,75 mm) sehingga penyembuhan luka lebih cepat serta kemungkinan komplikasi pasca operasi lebih kecil. 

Alat ini melunakkan dan mengeluarkan lensa katarak pada saat yang bersamaan. Lensa katarak yang keruh karena katarak tidak dikeluarkan secara utuh tetapi dihancurkan menjadi beberapa bagian, kemudian diaspirasi hingga bersih dan dipasang lensa tanam khusus/ lensa intra okuler (IOL).

Dengan menggunakan teknik Fakoemulsifikasi banyak keunggulan yang didapat, waktu operasi lebih singkat (15 menit), tidak memperlukan rawat inap karena perawatan dan pemulihan lebih cepat serta mengurangi rasa nyeri.

_PRINT